Suara Hati

Mari kita bersilaturakhmi dan saling berbagi....!!!
Semoga Alloh SWT selalu memberkahi dan meridhoi kita... Amin Ya Robbal Allamin...!!!

Minggu, 23 Januari 2011

TARIAN SANG GELOMBANG

CONTOH SKENARIO PEMBELAJARAN SMART TEACHING (VERSI CASRAENI SP)
MENGUNGKAP KEBESARAN TUHAN MELALUI TARIAN SANG GELOMBANG

KEGIATAN PENDAHULUAN:

Guru : “Assalamu’alaikum anak-anak...... how are you today...???”
Siswa: “...........................................”
Guru : “Good, I am very.... very nice....!!! Are you ready to learn in
the morning...???”
Siswa: “............................................”
Guru : “Oke...... thank you, siapa yang tidak hadir hari ini...???”
Siswa: “............................................”
Guru : “Why Roni and Rino absent today...???”
Siswa: “............................................”
Guru : “Oh... Roni sakit, kita do’akan Roni cepat sembuh dan Rino
tanpa keterangan, kita do’akan Rino cepat sadar..... Oke
sayang hari ini kita akan berpetualang untuk mengungkap
kebesaran Tuhan melalui Tarian Sang Gelombang. Coba
siapa yang tahu contoh gelombang...???”
Siswa: “.............................................”
Guru : “Gelombang tsunami...oke, gelombang laut...oke, apa nak
gelombang cinta..?? Gelombang cinta itu nama tumbuhan
yang daunnya berbentuk gelombang......bisa juga dijadikan
contoh.... Nah sekarang untuk lebih memahami apa itu
gelombang kita akan melakukan percobaan... tapi
sebelumnya kita bernyanyi dulu supaya kalian lebih
semangat... coba nyanyikan lagu afuse kokondao tapi
pramukanya ganti dengan fisika.... siap anak-anak...!!!
Siswa: “Bernyanyi sambil tepuk tangan....”

KEGIATAN INTI:

Guru : “Sekarang kalian sudah dalam kelompok masing masing...
Apa yang harus kalian lakukan...???’
Siswa: “...................................................”
Guru : “Ya bagus... pertama kalian pelajari LKS nya apa yang harus
kita lakukan, terus siapkan alat kemudian lakukan praktek
sesuai petunjuk pada LKS.... setelah selesai catat hasilnya
kemudian diskusikan dan nanti perwakilan kelompok
mempresentasikan hasilnya di depan kelas... kalau ada yang
tidak dimengerti silahkan bertanya...... Selamat berpetualang
anak-anak selesaikan tantangan kalian...!! Ingat kalian adalah
siswa-siswa terbaik, jadi lakukan dengan baik dan tertib.

Selama siswa praktikum guru tetap memantau kegiatan siswa dan membimbing siswa yang mengalami kesulitan dan tetap menjaga konsentrasi siswa dengan menggunakan pasword “Hallo......Hai.....!!!
Setelah selesai praktikum siswa diajak melakukan gerakan misalnya bertepuk tangan dengan pasword “Pagi.......Siang......Sore.....” supaya siswa tidak jenuh.

Guru : “Hallo.......!!! Hai.......!!!”
Anak-anak setelah selesai praktikum.... yang merasa jadi
siswa terhebat silahkan presentasikan hasil praktikum dan
diskusi kelompoknya...!!!

Perwakilan tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dan kelompok lain menanggapi sehingga terjadi diskusi kelas dan selama diskusi guru memfasilitasi siswa sampai didapatkan suatu kesimpulan, kemudian guru mempertegas kesimpulan tersebut untuk dijadikan catatan siswa.

Guru : “Dari hasil diskusi kita barusan kita dapatkan beberapa
kesimpulan yaitu batu yang dijatuhkan ke dalam tangki
riak menimbulkan usikan, usikan akan dirambatkan oleh
medium(air) tanpa medium itu ikut terseret. Ketika usikan
lewat partikel-partikel medium akan terdorong, tetapi setelah
partikel-partikel itu balik kembali ke posisi semula. Demikian
juga daun ketika usikan lewat daun akan bergeser naik turun
setelah usikan lewat daun kembali ke posisi semula, sedang
usikan terus merambat ke tepi tangki. Dan perambatan usikan
itu disebut dengan gelombang. Contoh lain dari usikan adalah
pada slinki, ketika slinki ibu beri gaya keatas dan kebawah
maka yang terlihat adalah usikannya merambat... satu usikan
yang terjadi dinamakan pulsa.... nah sekarang kalau
usikannya banyak apa yang terjadi..??”
Siswa: “...............................................”
Guru : “Ya betul.... semua usikan itu merambat seolah kejar-kejaran
kalau ibu gerakan tangan ibu teratur ternyata jarak antara
usikan sama dan kumpulan semua usikan itu akan
membentuk sebuah gelombang. Coba siapa yang tahu apa
penyebab terjadinya gelombang..??”
Siswa: “...............................................”
Guru : “Ya betul sekali.... penyebab terjadinya gelombang adalah
getaran. Ternyata kalian adalah anak-anak yang hebat...
tepuk tangan untuk kita semua...!!!”
Siswa: “...............................................”
Guru : “Nah sekarang sebelum ibu lanjutkan...apakah semuanya
sudah jelas??...bisa dimengerti??...bisa dipahami??”
Siswa: “..............................................................”
Guru : “Kalau semua sudah jelas, sekarang coba jawab pertanyaan
ibu. Yang bisa jawab acungkan tangannya....’Apa yang
dimaksud dengan gelombang??..Apa yang menyebabkan
terjadinya gelombang??..Mengapa air didalam tangki
tidak tumpah ketika digerakan naik turun??”
Siswa: “...............................................”
Siswa: “...............................................”
Siswa: “...............................................”
Guru : “Ya bagus... ternyata hampir semua mengacungkan tangannya
dan semua jawaban tepat... ini berarti kalian sudah mengerti
apa itu gelombang, bagaimana terjadinya gelombang dan
faktor yang menyebabkan terjadinya gelombang.... untuk itu
karena semua jawaban betul, jadi tepuk tangan untuk kita
semua...!!!”
Siswa: “...............................................”

KEGIATAN PENUTUP

Guru : “Nah sekarang setelah kita selesai mempelajari materi ini
banyak sekali hikmah yang bisa kita ambil diantaranya
gelombang terjadi karena adanya getaran yang merambat
kalau getarannya kecil gelombang yang dihasilkan kecil
tapi bagaimana dengan gelombang gempa apakah
penyebabnya sama?? Gelombang gempa disebabkan oleh
gerakan-gerakan dari dalam bumi seperti gunung meletus
dan pergeseran antara lempeng-lempeng bumi. Bisakah
kita melakukannya?? Jawabannya tidak... hanya kekuasaan
Tuhanlah yang bisa melakukan semua itu, jadi setelah kalian
belajar tentang gelombang kalian harus mengerti ada misteri
apa dibalik gelombang dan setelah selesai dengan materi ini
kalian semakin yakin dengan kebesaran Tuhan... dan apa
yang harus kita lakukan?? Kita harus semakin mendekatkan
diri kita pada sang pencipta.... bagaimana caranya?? Kita
ikhlas dalam nengerjakan semua tugas, karena dengan ikhlas
semua jadi ibadah dan insyaalloh mendapat berkah. Amiin..!”
Siswa: “...................................................”
Guru : “Karena waktunya sudah habis untuk pertemuan kali ini ibu
cukupkan sampai disini, tapi sebelum ibu tutup untuk minggu
depan coba kalian pelajari gelombang transversal dan
gelombang longitudinal. Ibu yakin kalau kalian mau berusaha
kalian pasti bisa.... Setuju anak-anak...??”
Siswa: “...................................................”
Guru : “Bagus.... kalau kalian setuju sekarang kita bernyanyi sambil
berdiri sambil bertepuk tangan, kita nyanyikan lagu disini
senang disana senang......!!!”
Siswa: “...................................................”
Guru : “Tepuk tangan untuk kita semua..... sebagai penutup ibu
ucapkan Assalamu’alaikum Wr Wb..... See you tomorrow.....
Thank you....!!!”

Skenario ini hanya contoh versi aku, kalau anda setuju silahkan gunakan kalau tidak tolong diperbaiki...!!!
GOOD LUCK......!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar