Suara Hati

Mari kita bersilaturakhmi dan saling berbagi....!!!
Semoga Alloh SWT selalu memberkahi dan meridhoi kita... Amin Ya Robbal Allamin...!!!

Jumat, 21 Januari 2011

STUDENT ACTIVE LEARNING

MARI BERPETUALANG DENGAN STUDENT ACTIVE LEARNING (SAL)

DEFFINISI STUDENT ACTIVE LEARNING
“Pembelajaran yang mengoptimalkan penggunaan potensi yang dimiliki oleh anak didik sehingga semua anak didik dapat mencapai hasil belajar yang memuaskan sesuai dengan karakteristik pribadi yang mereka miliki. Serta bertumpu pada siswa sedangkan guru sebagai fasilitator.”

Beberapa penelitian membuktikan bahwa perhatian anak didik berkurang bersamaan dengan berlalunya waktu. Penelitian Pollio (1984) menunjukkan bahwa siswa dalam ruang kelas hanya memperhatikan pelajaran sekitar 40% dari waktu pembelajaran yang tersedia. Sementara penelitian Mc Keachie (1986) menunjukkan bahwa dalam 10 menit pertama perhatian siswa dapat mencapai 70% dan selanjutnya berkurang sampai menjadi 20% pada waktu 20 menit terakhir.

Menurut Mel Silberman (2001) yang disebut belajar aktif (active learning) yaitu pembelajaran yang bertumpu pada siswa dan selalu ada aspek melakukannya.... tidak cukup hanya melihat dan mendengarkan saja.... serta seluruh siswa dikelas ikut terlibat.
SEBAB :
“Apa yang saya dengar, saya lupa.....!!!”
“Apa yang saya dengar dan lihat, saya ingat sedikit......!!!”
“Apa yang saya dengar, lihat dan tanyakan atau diskusikan dengan beberapa teman, saya mulai paham......!!!”
“Apa yang saya dengar, lihat, diskusikan dan lakukan, saya memperoleh pengetahuan dan keterampilan......!!!”
“Apa yang saya ajarkan pada orang lain, saya kuasai....!!!”
Sekarang tinggal terserah anda... “Apa yang akan anda lakukan...???”


Selama berpetualang dengan SAL ada beberapa PASSWORD yang bisa digunakan:
“Hallooo........, Hai.......!!!”
“Pagi......., Siang........, Sore........!!!”
“Bagaimana khabar kalian hari ini......???”
“Are you ready........???”
“Tepuk tangan untuk kita semua......!!!”
“Stand up , Please.....!!!”
“Sit down, Please......!!!”
“Setuju.....???”
Password tersebut digunakan agar anak tetap konsentrasi dan tidak jenuh, serta merasa selalu diperhatikan.

Sedangkan kontrak belajar dalam SAL adalah:
“Partisifasi aktif..... dari semua peserta belajar”
“Fokus...... pada tujuan dan cita-cita belajar”
“HP Silent...... supaya tidak mengganggu selama proses belajar”
“Positif thinking...... tetap menganggap semuanya baik”
“Teachable...... yang dapat diajarkan, materi dapat diterima anak”
“Fun....... suasana belajar menyenangkan”
“Keep Smiling....... tetap tersenyum, walau sebenarnya kita kecewa”


Azas Pembelajaran SAL:
“Bawalah dunia mereka ke dunia kita.... dan hantarkan dunia kita ke dunia mereka”


Prinsip Pembelajaran SAL:
“Apapun bisa berbicara......”
“Apapun harus fokus pada tujuan......”
“Apapun harus dialami.......”
“Apapun harus dihargai........”
“Dengan latihan apapun bisa menjadi sempurna.......”
“Apapun bisa berkesan........”


“SELAMAT BERPETUALANG DENGAN STUDENT ACTIVE LEARNING.........!!!!!
“GOOD LUCK........ SEMOGA SUKSES.....!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar