Suara Hati

Mari kita bersilaturakhmi dan saling berbagi....!!!
Semoga Alloh SWT selalu memberkahi dan meridhoi kita... Amin Ya Robbal Allamin...!!!

Kamis, 24 Februari 2011

NARASI PAKET SOAL UN

PAKET SOAL UN

Membingungkan....????

Latihan UN dengan lima paket soal yang berbeda maksudnya...??? Apakah ini menunjukkan ketidakpercayaan pemerintah terhadap hasil sistem pendidikan kita...??? Atau ketidakpercayaan pemerintah terhadap hasil kinerja para guru...??? Atau ketidakpercayaan pemerintah terhadap kejujuran siswa anak didik kita...??? Apa pun alasannya tetap harus kita laksanakan.....

Setelah saya pelajari soal-soal dari tiap paket, ternyata soalnya hampir sama yang beda kode paketnya saja. Mungkinkah tahun berikutnya aturan seperti ini masih bisa diterapkan atau harus dirubah lagi..?? Karena ternyata anak-anak kita lebih pintar dari yang kita bayangkan dan akhirnya mereka tahu kalau soal yang mereka kerjakan itu sebenarnya sama. Dan seperti biasanya mereka kembali ke lagu lama mereka yaitu “Team Work” ketika ujian dan yang lebih parah lagi mereka tetap mengandalkan kunci jawaban yang mereka dapatkan dan mungkin saja pada akhirnya kunci jawaban yang mereka dapat adalah sama untuk setiap paket soal.

Setelah dua hari saya mengawas TO (latihan UN) disekolah tempat saya ngajar.. apa yang terjadi??
Walaupun mereka diberi soal yang berbeda, tas mereka dan buku mereka sudah diamankan tapi mereka tetap masih tengok kanan tengok kiri mencari-cari jawaban pada temannya karena mereka sadar kalau soal yang mereka dapatkan adalah sama. Dan ini menunjukkan kalau mereka tidak memiliki rasa percaya diri (walau tidak semuanya), mereka lebih percaya orang lain ketimbang dirinya sendiri dan ini menunjukkan kalau mereka belum bisa jujur baik pada dirinya sendiri apalagi sama orang lain.

Jadi sebenarnya apakah tujuan pendidikan kita...??? Apakah mencerdaskan kehidupan bangsa...???
Apakah kita ingin anak kita cerdas atau pintar tapi tidak jujur ataukah kita menginginkan anak-anak kita jadi anak-anak yang jujur...??? Terserah apa kata hati anda....

Saya yakin kalau anak-anak kita jujur insyaalloh mereka akan jadi anak-anak yang cerdas, karena dengan kejujuran mereka saya yakin mereka akan bertanggung jawab terhadap tugas mereka, mereka akan sadar siapa diri mereka dan apa tujuan hidup mereka. Dan jika mereka sudah mau bertanggung jawab terhadap dirinya dan tugasnya niscaya mereka akan menjadi anak-anak yang cerdas dan insyaalloh dikelak kemudian hari mereka akan menjadi orang-orang yang sukses, karena mereka telah belajar istiqomah dan amanah dalam menjalankan tugas mereka masing-masing.

Sekarang apa yang bisa kita lakukan sebagai pendidik, sebagai tauladan bagi mereka...???
Sebagai pendidik cobalah kita mulai dari diri kita sendiri, kita mulai jujur terhadap diri kita, siapa kita dan apa tugas kita..?? Apakah kita termasuk orang yang istiqomah dalam menjalankan amanah..?? Ingat... setiap langkah kita, setiap gerak kita dan setiap ucapan kita insyaalloh jadi ibadah apabila dilakukan dengan ikhlas dan berbuat hanya karena Alloh. Kita tidak perlu mengharapkan pujian karena pujian hanyalah milik Alloh, kita tidak perlu mengharapkan penghargaan terhadap kinerja yang kita lakukan karena itu sudah tanggung jawab kita... kita hanya boleh berharap Alloh meridhoi dan memberkahi setiap langkah dan gerak kita.

Saya masih ingat ketika saya disumpah jadi PNS, satu kalimat yang saya ingat “Demi Alloh saya berjanji.......” selanjutnya saya lupa dan hanya itu yang saya ingat. Tapi itu mengingatkan saya kalau saat itu saya berjanji kepada Alloh dan saya harus menepatinya dan mungkin anda juga sama seperti saya... pasti anda mengingatnya.

Sekarang apa yang akan kita lakukan agar anak-anak kita jadi anak-anak yang jujur, jadi anak-anak yang sukses...??? Kita kembali pada diri kita masing-masing, bertanyalah pada hati nurani kita.... “Masih adakah kejujuran dan keikhlasan dihati kita dan pada diri kita dalam mengemban tugas kita sebagai pendidik...???” Semua saya kembalikan kepada anda, karena hanya anda yang tahu jawabannya. Semoga kita termasuk orang-orang istiqomah dalam mengemban amanah..... Wallohualam.......!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar